• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • dark color
  • red color
Home Kajian
Kajian
Membiasakan Diri Dengan Ketaatan PDF Print E-mail
Written by Muhirin, S.Pd.   

Melakukan ibadah adalah perkara yang berat, tetapi rasa yang berat ini akan semakin ringan sejauh mana kita membiasakan diri dengannya. Semakin kita terbiasa dengan rutinitas ibadah wajib maupun sunah, makan akan semakin ringan dan mudah dalam melakukannya. Semakin kita banyak beribadah, maka tidak hanya semakin ringan dalam melakukannya, juga kita akan semakin terasa butuh dengan ibadah tersebut.

 
Mendahulukan Ketaatan Di Banding Akal PDF Print E-mail
Written by Muhirin, S.Pd.   

Umat manusia dikaruniai dengan akal dan agama Islam ini adalah agama yang mudah di pahami oleh semua orang. Agama yang sangat logis dengan pemikiran manusia. Akal kita adalah karunia Allah yang mampu memikirkan banyak hal, dan perkembangan peradaban manusia ini adalah wujud dari kemampuan akal, karunia Allah SWT tersebut. Walau begitu sebagai Umat Islam, ketaatan dalam menjalankan ibadah harus di dahulukan di banding dengan mengedepankan akal kita dalam memikirkan agama ini.

 
Memperhatikan Alam PDF Print E-mail
Written by Muhirin, S.Pd.   

Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan? (QS. 88: 17-19)
Ayat di atas mengisyaratkan kepada kita untuk pentingnya memperhatikan dan meneliti alam di sekitar kita. Dengan meneliti alam di sekitar kita, terdapat hikmah bagi kita untuk semakin mengagumi ciptaan Allah SWT, dan kita semakin terpukau dengan kebesaran Allah SWT.

 
Harga Diri Seorang Muslim PDF Print E-mail
Written by Muhirin, S.Pd.   

Harga diri seorang muslim adalah ketaatan kepada Allah SWT. Harga diri dalah perkara yang tidak dibuat-buat tetapi ia tumbuh dari dalam diri seseorang berkat kedekatannya kepada Allah SWT. Semakin dekat ia kepada-Nya dan semakin taat maka cahaya itu akan muncul dari pancaran wajahnya.

 
Do’a Raja Sulaiman PDF Print E-mail
Written by Muhirin, S.Pd.   

Ibadah memang tak membuat kita kaya, tetapi ibadah akan mampu membuat kita sabar dalam kekurangan dan akan mengendalikan kita ketika dalam kemewahan. Seperti raja Sulaiman walaupun hidupnya di antara kemegahan istana yang tiada tara, kemewahan yang hanya dia yang mampu merasakan keindahannya sejak manusia diciptakan hingga hari kiamat. Seperti dalam do’anya yang mulia ...

Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". (Qs. 38:35)

 


mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday888
mod_vvisit_counterYesterday2213
mod_vvisit_counterThis week9888
mod_vvisit_counterLast week12164
mod_vvisit_counterThis month52017
mod_vvisit_counterLast month40206
mod_vvisit_counterAll days758172

We have: 77 guests online
Your IP: 54.224.76.150
 , 
Today: Jun 29, 2017

Pondok Pesantren Modern Khaira Ummah