• Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
  • default color
  • dark color
  • red color
Home Kajian Do’a Raja Sulaiman
Do’a Raja Sulaiman PDF Print E-mail
Written by Muhirin, S.Pd.   

Ibadah memang tak membuat kita kaya, tetapi ibadah akan mampu membuat kita sabar dalam kekurangan dan akan mengendalikan kita ketika dalam kemewahan. Seperti raja Sulaiman walaupun hidupnya di antara kemegahan istana yang tiada tara, kemewahan yang hanya dia yang mampu merasakan keindahannya sejak manusia diciptakan hingga hari kiamat. Seperti dalam do’anya yang mulia ...

Ia berkata: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi". (Qs. 38:35)

Nabi Sulaiman dikaruniai Allah SWT kerajaan yang tiada tara, namun tak sedikitpun melalaikannya dari ketaatan kepada Allah SWT. Segala keajaiban, kenikmatan serta kemewahan yang dirasakannya sama sekali tak memalingkannya kepada Allah SWT. Setiap apa yang ia alami menjadi kesyukuran baginya, segala karunia yang Allah berikan akan menambah keimanannya.

Pun, Nabi Ayyub AS. di dalam penderitaannya menanggung rasa sakit dan kehinaan di mata kaumnya karena menanggung penyakit yang dianggap sesuatu yang tidak nyaman bagi manusia lain. Namun bagi Nabi Ayyub justru sebaliknya, penderitaan adalah ujian baginya untuk tetap sabar dan taat walau dalam kondisi apapun. Dan hal-hal itu tak sedikitpun melemahkan dan menggoyahkan keimanannya dalam menjalin hubungan dengan Tuhannya. Ia tetap bersabar dan taat kepada Allah SWT.

Dan ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), maka pukullah dengan itu dan janganlah kamu melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan-nya). (Qs. 36:44)

Kemewahan dan penderitaan adalah dua hal yang bertolak belakang, tetapi bagi orang-orang yang beriman kedua hal itu adalah merupakan jalan-jalan yang diberikan Allah agar manusia dapat dekat kepada-Nya dalam kondisi apapun. Keduanya akan membawa keridhoaan-Nya dan bagi manusia adalah ladang pahala yang akan membawanya ke dalam surga jika Allah kehendaki.

 
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday825
mod_vvisit_counterYesterday2213
mod_vvisit_counterThis week9825
mod_vvisit_counterLast week12164
mod_vvisit_counterThis month51954
mod_vvisit_counterLast month40206
mod_vvisit_counterAll days758109

We have: 27 guests online
Your IP: 54.224.76.150
 , 
Today: Jun 29, 2017

Pondok Pesantren Modern Khaira Ummah